Salam 1 hati. 1 Aspal
Bro sekalian, jelas sudah Siang ini new Megapro FI telah resmi dirilis sebagai Varian injeksi ke 12 nya Astra Honda Motor. Motor dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi PGM Fi ini katanya bakalan naik 350 ribu dari harga versi karburatornya apakah benar? Ya benar , Bandrol 20,45 Juta Rupiah pun disematkan pada Varian Honda New Megaparo FI CW OTR jakarta.
Seperti juga yang drc telah ceritakan pada artikel atikel bocoran yang lalu . . . Perubahan terbesar pada motor ini jelas adalah sistem pengabutan bahan bakar Injeksi yang telah diatur secara elektronik melalui sebuah ECU berdasarkan parameter yang diperoleh dari sensor sensornya. Lalu perubahan signifikan kedua adalah shroudnya yang berdimensi lebih kecil dan lebih terasa kekar. Perubahan ketiga adalah footPeg Rider dan FootPeg Pembonceng yang sudah terpisah. Untuk ini AHM menambahlan satu pegangan footpeg belakang di subFrame Megapro FI. Bentuk dop msin samping juga berubah, lebih menyerupai desain dop mesin Tiger Revo menurut drc.
selain itu reservoar cairan rem cakram belakang jadi lebih keliatan . . . Terlihat Pula Megapro FI ini mengadopsi sebuah spatbor kolong yang ckup mungil untuk melindungi ujung bawah tumpuan monoshock. Selain itu bentuk muffler belakangnya juga berubah mas brooo . . . lubangnya berada di tengah bukan dipinggir atas lagi . .. . .. lalu persis seperti bocoran yang hadir di tmcblog lalu . . . tombol pass beamnya dirubah jadi seperti gambar di bawah ini
Menurut AHM New Megapro FI ini memiliki keiritan penggunaan bahan bakar sebesar46,2 km untuk satu liternya, tentu dengan pengujian standar ECE R40 yang biasa digunakan AHM . . . entah kalo dipake harian biasa . .. perlu di uji nihh
Kalo dari panel spedometernya seprtinya nggak terlalu banyak perubahan, hampir mirip dengan spedometer NMP karburator . . . dan tentu juga tidak Lupa sistem penguncian SKS. New Megapro FI hadir dalam 4 varian yakni Active White, renegade Red, Brave Black, dan Brace Blue . . . seperti juga kode TPT nya yang cuma satu tipe . . . kayaknya belum ada info New Megapro Bervelg jari jari ikutan dirilis
Spesifikasi Teknis
beberapa Spesifikasi resmi yang dirilis AHM menyebutkan New Megapro FI ini di benamkan mesin 149,5 cc satu silinder SOHC berpendingin udara. Mesin ini sanggup menghasilkan Power maksimum sebesar 9,8 KW (13,3 ps) pada kiritan mesin 8.500 rpm. Sedangkan Jambakan Torsi Maksimum dari mesin ini mencapai 12,3 nm pada kiritan mesin 6.500 rpm. Kompresi nya sih nggak gede gede amat, 9,5:1 mas bro . . . masih aman premium nggak .. . nanti kita tanyakan ya mas broooo
Asesoris resmi
dan Untuk Kali ini perilisan New Megapro FI seperti bro bisa lihat pada gambar diatas dibarengi juga dengan ketersediaan beberapa customized part yang bersifat blot on plug and play. Karena kebanyakan pengguna megapro adalah peturing, maka salah satu part customnya adalah Braket dan Box bagasi (kayaknya Givi “sejuta Umat” E33 ) . . . selain itu tersedia juga Visor kecil dan Tank Pad
Gambar dari : welovehonda twitter
Spesifikasi :
Tipe mesin:SOHC, 4 Langkah, 5 Kecepatan
Volume langkah (cm3) :149,5 cc
Sistem pendinginan:Pendinginan udara
Sistem suplai bahan bakar:Injeksi/PGM-FI(Programmed Fuel Injection)
Diameter x langkah (mm):57,3 x 57,84
Tipe Transmisi:5 Kecepatan
Rasio kompresi:9,5 : 1
Daya maksimum:9,8 kW (13,3 PS)/8.500 rpm
Torsi maksimum:12,3 Nm (1,25 kgf.m)/6.000 rpm
Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5
Tipe Starter: Starter Kaki & Starter Elektrik
Tipe Kopling:Manual, Multiplate Wet Clutch With Coil Spring
Kapasitas minyak pelumas: 1,0 Liter pada penggantian periodik
Sistem pendinginan:Pendinginan udara
Sistem suplai bahan bakar:Injeksi/PGM-FI(Programmed Fuel Injection)
Diameter x langkah (mm):57,3 x 57,84
Tipe Transmisi:5 Kecepatan
Rasio kompresi:9,5 : 1
Daya maksimum:9,8 kW (13,3 PS)/8.500 rpm
Torsi maksimum:12,3 Nm (1,25 kgf.m)/6.000 rpm
Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5
Tipe Starter: Starter Kaki & Starter Elektrik
Tipe Kopling:Manual, Multiplate Wet Clutch With Coil Spring
Kapasitas minyak pelumas: 1,0 Liter pada penggantian periodik
Tipe Baterai/Aki:12 V – ,5 Ah
Tipe pengapian:Full Transisterized
Tipe Busi:NGK CPR9EA-9
Tipe pengapian:Full Transisterized
Tipe Busi:NGK CPR9EA-9
Panjang x lebar x tinggi:2.052 x 742 x 1.079 mm
Jarak sumbu roda:1.316 mm
Jarak terendah ke tanah:156 mm
Berat kosong:1355 kg
Kapasitas tangki bahan bakar:12,3 Liter
Ketinggian Tempat Duduk:774 mm
Radius Putar Minimum:1900 mm
Jarak sumbu roda:1.316 mm
Jarak terendah ke tanah:156 mm
Berat kosong:1355 kg
Kapasitas tangki bahan bakar:12,3 Liter
Ketinggian Tempat Duduk:774 mm
Radius Putar Minimum:1900 mm
Tipe rangka:Pola Berlian
Tipe suspensi depan:Teleskopik
Tipe suspensi belakang:Tunggal (dapat di setel keras dan lembut)
Ukuran ban depan:80/100 – 17 M/C 46P
Ukuran ban belakang:100/90 – 17 M/C 55P
Tipe suspensi depan:Teleskopik
Tipe suspensi belakang:Tunggal (dapat di setel keras dan lembut)
Ukuran ban depan:80/100 – 17 M/C 46P
Ukuran ban belakang:100/90 – 17 M/C 55P
Rem depan:Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang:Cakram hidrolic, dengan piston tunggal
Rem belakang:Cakram hidrolic, dengan piston tunggal
-------------------------------------
sekian nie dari Drc, semoga berguna
"Berat kosong: 1355kg"
ReplyDeleteah.., yg bner, itu motor apa tronton..?!!!