IBX5AC0B635009DB HEBOH! Sasis Deltabox Tapi Pake Teralis Kok Malah Lebih Keren? Ini Jawabannya.. | DRC7 News | Blog | Hobi | Update

HEBOH! Sasis Deltabox Tapi Pake Teralis Kok Malah Lebih Keren? Ini Jawabannya..


DRC7 - Ternyata banyak rangka Teralis pada Deltabox justru bikin motor makin keren, bahkan lebih keren dari motor yang aslinya sudah pakai Teralis, dan ini juga yang sedang booming belakangan ini banyak motor-motor dengan rangka Deltabox rame2 menambahkan teralis pada motornya dengan alasan keamanan dan stylish, Apa karena mereka tidak pede dengan Deltaboxnya? TIDAK, Tapi pernahkah kamu melihat label bertuliskan Deltabox pada rangka motor yamaha vixion? Atau CBR? Pasti pernah ya. Tapi tahukah kamu arti dari deltabox itu sendiri? Nah kalo belum tahu, kali ini DRC7 akan membahas semua tentang deltabox, mulai dari asal-usul deltabox, pengertiannya, kelebihan deltabox, dan kenapa kok pasang teralis pada Deltabox kok bikin motor tambah Ganteng belipat-lipat.


Pengertian dari deltabox sendiri merupakan sebuah konstruksi rangka aluminium yang sangat kaku yang membantu mencapai kesetabilian tinggi dalam bermanuver. Sistem deltabox sendiri pertama kali diadopsi tahun 1985-an pada motor yamaha TZR250, sejak itu deltabox mulai di aplikasikan pada motor-motor model supersport pada yamaha. Berevolusi lebih lanjut, rangka deltabox mulai disematkan pada yamaha seri “R”. Termasuk R15 di Indonesia.


Sebenarnya rangka ini merupakan pengembangan dari rangka pipa baja konvensional (Teralis) motor, untuk mendapatkan kekakuan lebih yang dapat mendukung peforma mesin pada motor supersport. Basis teknologi deltabox ini berasal dari mesin motoGP YZR500, yang mempunyai karakter ringan dan kaku, serta memungkinkan untuk dibuat dari bahan alminium sehingga dapat mengurangi berat motor sekitar 40% dibandingkan rangka pipa baja konvensional.

Struktur dan fungsi
Rangka mengadopsi bentuk kotak sehingga membutuhkan area yang cukup besar, namun bobot lebih ringan dan lebih kaku. Pada struktur desain, kepala atau bagian kemudi motor dan poros (pertemuan antara swing arm dan rangka) terhubung dalam garis lurus. Ini membuat konstruksi rangka hampir menyerupai bentuk segitiga (delta). Efeknya :

1. Penurunan berat motor dan dapat mencapai handling yang sempurna.
2. Ringan, kaku dan motor dapat mencapai kinerja tinggi dalam fungsi dasar berlari, berbelok dan berhenti.
3. Stabilitas pengemudi yang luar biasa.

Then, muncul pertanyaan:

Lalu kenapa kalau Deltabox dari sononya sudah keren masih banyak yang memakai rangka teralis untuk menutupinya??

Jawabnya: Itulah Modifikasi!, karena kalau kita bicara modifikasi kita bicara 2 hal (kepuasan dan uang)
ada 3 kemungkinan pemilik sengaja memasang "teralis" untuk mengkombinasikan rangka Deltabox di motor - motor mereka.

1. CARI KEKAR

Motornya jadi kelihatan lebih kekar dari sebelumnya. Mau bukti? nih coba lihat motor milik bro Ichsan ini



Tidak dipungkiri penggunaan teralis atau frame pipa2 besi ini pada R15 sangat sangat dapat meningkatkan kegantengan motor ini menjadi lebih padat dan kekar dari sebelumnya, malah DRC7 melihat jadi mirip mirip motor KTM khas Eropa. Sebenarnya hanya dengan Deltabox saja R15 sudah bagus namun di tambah Teralis menjadi lebih kekar lagi. josss...

2. SAFETY

Yap alasan kedua peng aplikasian Teralis untuk Deltabox adalah alasan keamanan.


Bisa di lihat gambar vixion ber teralis dari otomotifnet di atas, selain melindungi Deltabox teralis juga dapat melindungi mesin, body dari benturan atau melindungi kaki dari terkena bagian mesin. Alasan Safety memang membuat pengaplikasian Teralis menjadi lebih masuk akal pada motor2 Naked dan Fairing apalagi motor motor yang di pakai Stunt, selalu tidak luput dari dihiasi dengan Teralis.





3. BIAR KEKINIAN

Yap, tidak dipungkiri Motor Motor Moge Ratusan bahkan Ribuan CC yang kekinian kini banyak yang mengaplikasikan Rangka Teralis nan kokoh dan kekar agar Aura Moge atau Motor Gede semakin terpancar. Contoh saja motor mogeh satu ini:

Nah konon karena banyaknya Mogeh Street Fighter yang pakai Teralis dan gagahnya minta ampun, Motor - motor di CC Kelas bawahnya pun ikut meniru, tidak terkecuali motor yang dengan rangka Deltabox yang ingin tampil kekinian layaknya mogeh dengan Teralis yang eye catching. 


Rangka Deltabox pun di lapisi Teralis terkesan kekinian dan Moge look.

Well kesimpulan, Baik rangka Teralis maupun Deltabox sama-sama memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing dan bikers2 Indonesia tidak kalah kreatif,selalu mencoba mengkombinasikan keduanya sehingga modifikasi di tanah air pun jadi beragam! juga Greget! Bagaimana? minat pasang Teralis di motormu?

Atau motor Teralis mau Pasang Sarung Deltabox- biar Kekinian? 


heee.mm....

Last, Uang dan Seleralah yang menentukan.... monggo komentarnya..

Sign up here with your email address to receive updates from DRC7 Bali MotoBlog in your Inbox.

0 Response to "HEBOH! Sasis Deltabox Tapi Pake Teralis Kok Malah Lebih Keren? Ini Jawabannya.."

Post a Comment

Thx for Your Visit! Keep Order! and please "comment" for Testimonial: