IBX5AC0B635009DB STOP! Jual Aki Anda, Kini Ada Cara Memperbaiki Aki Tekor Dengan Garam! YUK SHARE! | DRC7 News | Blog | Hobi | Update

STOP! Jual Aki Anda, Kini Ada Cara Memperbaiki Aki Tekor Dengan Garam! YUK SHARE!


Peranan Aki (accu) pada kendaraan bermotor  sangatlah penting yaitu untuk menyuplai kelistrikan seperti elektrik starter, lampu, klakson dan lain sebagainya. Jika aki tekor atau lemah akan berakibat pada sistem kelistrikan di kendaraan sehingga tidak berfungsi normal.

MASALAH:

Sebelum berlanjut ke pembahasan Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Dengan Garam, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab aki bisa lemah atau cepat rusak.
  1. Mengganti  Klakson  kendaraan  yang tidak sesuai dengan kondisi tenaga yang ada pada baterai. Perubahan ini membutuhkan suplai listrik yang besar.
  2. Kiprok rusak bisa membuat  baterai menjadi over charging atau sebaliknya.
  3. Bore Up bisa menyebabkan baterai menjadi tekor. Karena  tidak diikuti upgrade elektrik starter. Sehingga kompresi menjadi tinggi. Maka karena kompresi tinggi, elektrik starter jadi  berat untuk memutar mesin. Karena sering dipaksa, akibatnya baterai bisa menjadi tekor.
  4. Memasang lampu yang tidak standar seperti lampu HID. Lampu HID membutuhkan suplay listrik yang sangat besar. Jika tidak disesuaikan dengan spul pengisian, aki akan cepat tekor.
  5. Stop lamp nyala terus meski tuas rem tidak ditekan, biasanya penyebabnya akibat switch rem yang rusak. Bila tidak diatasi arus listrik dari baterai akan mengalir terus.

SOLUSI:

Aki mati atau soak sering tidak dihiraukan oleh pemiliknya karena menganggap sudah tidak bisa terpakai lagi dan mesti ganti dengan yang baru. Dari pada dibuang/dijual dan membeli AKI yang baru yang harganya lumayan menguras kantong lebih baik diberdayakan kembali dengan cara diperbaiki, selain hemat biaya karena modalnya murah, juga  kualitasnya tak kalah bagus dengan yang baru.
Bahan yang disiapkan :
  • Air aki (air Zur) yang warna tutup botolnya merah
  • Garam iodium halus (garam dapur)
  • Alat suntik
  • Gelas Plastik (akua)
  • Air bersih
  • Kain Lap
Cara :
  1. Keluarkan semua cairan yang adadidalam AKI yang rusak, Cuci dengan menggunakan air biasa sampai bersih dengan cara memasukan air ke dalam tiap-tiap lubangnya.
  2. Campurkan satu sendok makan garam ke dalam satu gelas air akua, kemudian aduk hingga rata.
  3. Masukan air garam yang sudah tercampur rata kedalam Aki kosong yang tadi (yang udah dibersihkan) dengan menggunakan suntikan (alat lain juga bisa)  Biasanya akan diikuti reaksi dengan di tandai keluar gelembung udara.
  4. Charger selama 10 menit atau lebih
  5. Setelah di rasa cukup kemudian keluarkan air garam yang ada di dalam Aki tadi dan cuci kembali menggunakan air bersih. Keringkan dengan menggunakan kompresor atau di jemur.
  6. Masukkan air zur / air aki hingga kurang 2 cm dari lubang tutupnya
  7. Charger kembali aki hingga penuh. Bersihkan menggunakan lap dan siap dipasangkan di kendaraan anda.
Terus bagaimana dengan Aki kering karena mengingat sesuai namanya "KERING", apakah prosesnya sama atau jauh berbeda?

Berdasarkan pengalaman, sebenarnya Aki kering dan Aki basah itu di dalamnya sama saja mengandung cairan juga, alhasil cara memperbaikinya pun sama dengan Aki basah. Tips ini sudah dicoba dan alhamdulillah berhasil.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…Salam,

Sign up here with your email address to receive updates from DRC7 Bali MotoBlog in your Inbox.

0 Response to "STOP! Jual Aki Anda, Kini Ada Cara Memperbaiki Aki Tekor Dengan Garam! YUK SHARE!"

Post a Comment

Thx for Your Visit! Keep Order! and please "comment" for Testimonial: